Wednesday, March 17, 2010

Gosip Sequence Stratigrafi

Walker and James 2003
Hasil dari beberapa liburan yang saya jalani dalam hidup saya, berkenalan dengan beberapa orang sahabat, pertama saya kenalan dengan walker dan james pada tahun 1993, kita kenalan dan sempat diskusi tentang kegiatan dia. Ketika lagi asik nge gosip, dari gosip artis jadi simpanan pejabat sampai artis bugil di exe sama produser kemudian pejabat koruptor dan anak-anak mereka yang di sebut brondonx dan skandal mereka dengan sang artis bahkan sampai gosip negara yang memakai bendera 2 warna tapi diantara gosip tersebut, ada yang membuat saya tertarik dengan Gosip mereka yaitu ketika membahas gosip seputar sequence stratigrafi. Bahwa sequence startigrafi itu berasal dari facies yang artinya adalah Sekelompok batuan yang dikarakterisasikan dari kombinasi litologi, dan fisik serta biologi pada batuan tersebut sehingga dapat di bedakan dengan sekelompok batuan di atasnya. Lalu saya terdiam dan berpikir tapi mereka terus asik nge gosip seputar sequence stratigrafi, sambil berpikir saya terus mendengarkan gosip mereka. Dan mereka terus nge gosip mereka bilang di stratigafi itu lebih banyak di kenal istilah facies suksesi dari hasil sedimentasi. Lha.. fasies suksesi itu bahasa sini kalau bahasa seberang facies succesion yang mengisi pada stratigrafi menjadi sequence stratigrafi. Sempat kaget juga ternyata walker dan james yang berdarah seberang ternyata bisa nge gosip sequence stratigrafi pakai bahasa sini. Tapi yang namanya gosip masalah kebenarannya kita tidak pernah tahu, tapi saya tetap menampung gosip sequence stratigrafi mereka.
Kendall 2003
 Hari ke hari, bulan ke bulan, tahun ke tahun saya menjalani hidup seperti biasanya. Hidup seperti biasanya dengan komputer  online dan chat dengan beberapa orang yang masuk pada salah satu sosial networking. Saya sempet berkenalan dengan orang belanda yang bernama Van wagoner dan Vail.,  Tapi gosip yang saya denger dari sahabat saya walker dan james mengenai sequence stratigrafi saya rekam dan dillustrasikan akan menjadi seperti gambar di samping. Nah kembali ke sahabat baru saya wagoner dan vail, saya mencoba cross check kebenaranya tentang  gosip sequence stratigrafi, alhasil merekapun bilang bahwa gosip tersebut benar adanya dan itu telah di selidiki kebenarannya bahkan si Van wagoner pun membuat konsep dari hasil Gosip mengenai sequence stratigrafi.  Van wagoner dan Vail malah telah mendengar gosip mengenai sequence stratigrafi pada tahun 1988 sedangkan saya mendengar gosip tersebut pada tahun 1993 dari walker dan james. Konsep sequence stratigrafi nya adalah Ilmu yang mempelajari hubungan batuan yang terjadi secara berulang pada saat mengalami deposisi  yang di batasi oleh ketidakselarasan atau permukaan erosi atau bisa juga keselarasan yang sebanding (van wagoner 1988 ). Istilah keselarasan yang sebanding ini yang selalu jadi pertanyaan dalam gosip sequence stratigrafi.  Sampai sekarang saya masih belum mengetahui istilah keselarasan yang sebanding. si Vail menambahkan sequence stratigrafi itu di pengaruhi beberapa faktor dari mulai suplai sediment, tektonik subsidence, eustasi muka air laut, iklim. Bicara mengenai iklim pasti tahu dong pengaruhnya kemana ,weathering proces pastinya yang nantinya bakal ke arah sedimen supply. Trus dia nambahin " kalau loe ga percaya mengenai gosip tersebut ada kok gambarnya yang gw ambil dari teman dia namanya Kendall pada tahun 2003, dah gw upload di 4 shared.com " katanya si Vail. Langsung menuju TKP dan downloadlah gambar mengenai gosip sequence stratigrafi tersebut.
Kembali lagi ke Van Wagoner bahwa ilmu yang mempelajari hubungan batuan yang terjadi secara berulang pada saat mengalami deposisi yang di batasi oleh ketidak selarasan adalah konsep sequence stratigrafi. Ternyata setelah chating bareng Van Wagoner akhirnya dia jujur, dia bilang kalau kebenaran gosip mengenai sequence stratigrafi itu di ambil dari temannya yang namanya Van Gorsel pada tahun 1987. Dia bisa menyimpulkan kebenaran gosip sequence stratigrafi tersebut dari gambar yang di upload di situs Ziddu.com.
Sequence stratigrafi berdasarkan orde Van Gorsel 1987
Dari gambarnya Van Gorsel tersebut si Van wagoner membuat cerita konsep sequence stratigrafi. Sampai dia membagi adanya sytem tract dari hasil deposisi sequence stratigrafi. Sytem tract itu adalah hubungan dari sitem pengendapan yang seumur. Yang terbagi lagi menjadi LST, TST, HST.  LST adalah endapan tertua pada deposisi sequence stratigrafi, TST adalah deposisi sequence stratigrafi yang berada pada pertengahan yang di tandai dengan adanya parasequence retrogradation, sampai dengan HST yang di tandai dengan Maximum Flooding Surface.
Dari gosip mengenai sequence stratigrafi di atas yang telah di buktikan kebenarannya dari gambar bahkan penjelasan sahabat" saya, akhirnya saya menyimpulkan bahwa sequence Stratigrafi itu adalah unit-unit dari stratigrafi yang mencerminkan deposisi sedimentasi yang terjadi secara sequentialy dan selaras yang terdiri dari parasequence yang menginformasikan genetik sedimentasinya sampai dengan sistem pengendapannya di batasi oleh ketidakselarasan dengan di cirikan adanya event maximum flooding surface.
Gosip sequence stratigrafi ini memang luas sekali cakupannya dan kalau di bicarakan akan timbul gosip baru lainnya tentunya yang berhubungan dengan stratigrafi dan sedimentasi. Seperti yang pernah saya posting pada judul Stratigrafi dan sedimentasi bahkan saya sempat mengulas sedikit mengenai sequence stratigrafi. Semua gosip sequence straitigrafi ada baiknya kita tampung tapi harus di buktikan kebenarannya, lha namanya juga gosip bisa benar bisa juga cuma rekayasa belaka yang bertujuan mencari popularitas semata. Kan saya sudah bilang di Negara yang memakai bendera 2 warna ada banyak gosip" dari yang terbukti sampai hanya rekayasa. Saya sebagai blogger kan cuma bisa mempublikasikan masalah kebenarannya kan di kembalikan ke pada masyarakat. Kembali lagi saya hanyalah seorang geologist yang belajar blogging for SEO belum for money lho :D  


Related Posts by Categories



No comments:

Post a Comment