Sunday, March 7, 2010

Cekungan sedimentasi

Bicara mengenai cekungan sedimentasi saya tadi malah berkhayal suatu cekungan terbentuk karena apa ya? Apakah karena adanya pada pelipatan yang terjadi akibat suatu tumbukan lempeng sehingga terentuk zona fore arc, volcanic arc kemudian disusul dibelakangnya dengan back arc. Asal muasal cekungan tidak pernah dibahas secara mendetail tapi bentuk dan keterdapatannya selalu bisa di identifikasi. Daripada saya berkhayal terlalu jauh lebih baik saya mencari arti definisi dari cekungan sedimentasi itu sendiri. Cekungan Sedimentasi suatu cekungan yang terjadi akibat proses tektonik dimana tempat tersebut menjadi wadah untuk menampung segala proses sedimentasi. Sempat membaca apabila kita berbicara mengenai cekungan sedimentasi ,maka sama saja kita membayangkan sebuah baskom dimana baskom tersebut merupakan tempat untuk menampung air.
cekungan sedimentasi
Cekungan Sedimentasi Australia Selatan
Cekungan Sedimentasi sama dengan baskom apa artinya?? pikiran mulai melayang" lagi. Memang belajar Ilmu Geologi tidak seperti belajar ilmu yang lain, gak heran banyak yang lulus jurusan Geologi jadi tidak jelas. He he he :D. Setelah dipikir-pikir baskom itu biasa di gunakan untuk menampung air. Disitulah letak kuncinya dimana terjadi sedimentasi terbanyak pada lingkungan air. Mulai dari Upstream sampai downstrem aliran air ada yang membawa  material hasil erosi dari luar maupun dari dalam atau dari kikisan pada dinding sungai. Yang kemudian terdeposit pada suatu wadah berupa danau ataupun laut. Sejalan dengan aktivitas organisme dan mikroorganisme yang ikut terkubur bersamaan dengan pengendapan dalam suatu wadah yang di sebut cekungan.
cekungan sedimentasi
Cekungan Sedimentasi
Berjalan dengan terkubur organisme dan mikroorganisme tersebut pada cekungan sedimentasi yang kemudian terus berlangsung proses pengendapan. Yang akhirnya terjadi proses pembebanan sehingga timbul tekanan di dalam bersamaan dengan adanya temperature dari dalam maka organisme dan mikroorgainisme menjadi fluid. Berkaitan dengan unsur carbon yang dibawa dari luar ataupun dalam maka terbentuklah oil and gas dan juga batubara dalam waktu jutaan tahun, yang sampai sekarang digunakan sebagai sumber energi (khususnya di Indonesia). Di Indonesia energi tersebut diklasifikasikan sebagai sumber energi primer. Begitulah hasil jalan-jalan dalam pikiran mengenai cekungan sedimentasi, bukan dari literature tapi dari hasil pemikiran sendiri.  Yang penting bagaimana kita bisa mengekspresikan pemikiran tersebut, entah lewat blogging ataupun menggambar design atau bisa juga menulis buku.

Related Posts by Categories



No comments:

Post a Comment