Sunday, March 7, 2010

Stratigrafi dan sedimentasi

Stratigrafi dan Sedimentasi
Stratigrafi dan Sedimentasi
Habis mengulas tentang cekungan Sedimentasi, kali ini mau cerita tentang stratigrafinya. Stratigrafi adalah Ilmu yang mempelajari proses pengendapan suatu lapisan batuan serta distribusinya untuk menceritakan sejarah sedimentasi tersebut. Dari hasil pembelajaran tersebut maka akan mendapatakan perbandingan yang nantinya akan dikorelasi berdasarkan litologi dari hasil sedimentasi yang di sebut Litho stratigrafi, serta kandungan Bio yang di sebut bio stratigrafi, maka akan di dapatkan umur relatif dari strata lapisan tersebut untuk diceritakan sejarahnya yang biasa di sebut krono stratigrafi. Setiap ilmu terapan dalam cabang geologi memang memiliki cakupan yang sangat luas apalagi ingin membahas secara detail. dan juga di butuhkan proses tapi sekarang proses itu lagi terhambat dikarenakan adanya kepentingan-kepentingan yang tidak logis dan juga aneh bagi saya.

Stratigrafi secara prinsip adalah lapisan-lapisan yang terdapat pada batuan yang merupakan hasil dari proses pada saat terjadinnya sedimentasi yang terekam, ada yang menerus atau  berkelanjutan ada yang tidak menerus atau tidak berkelanjutan yang disebabkan karena  waktu yang hilang. Seperti yang di katakan oleh paman hutton dan Nicolas Steno, kalau menurut paman hutton bahwa present is the key to the past, yang artinya segala kejadian yang terjadi sekarang baik itu secara struktur maupun sedimentasi yang nantinya terbentuk dalam suatu stratigrafi, adalah kunci untuk menerangkan kejadian ataupun proses sedimentasi tersebut. Hmm ini yang biasa di gunakan untuk krono stratigrafi dan juga sequence stratigrafi.. Sedangkan menurut paman Nicholas Hukum Superposisi yang menyatakan bahwa lapisan yang di bawah merupakan lapisan yang mengalami sedimentasi lebih dahulu  dibandingkan yang di atasnya, terjadi secara sequential apabila tidak terjadi suatu deformasi. Waduh sampai ke sequence, kemarin di tanya ketika lagi sidang agak blank juga kepala,, habis dah 2 tahun di anggurin dan di tontonin yang katanya mau menguji  keseriusannya ..ada-ada aja ya!!.
Stratigrafi dan sedimentasi memiliki hubungan yang sangat erat seperti anak dan bapak, tidak ada stratigrafi kalau ga da sedimentasi begitu juga sebaliknya. Karena stratigrafi adalah untuk menceritakan pengendapan suksesi dari hasil sedimentasi setelah menggabungkan litho stratigrafi dikombinasikan dengan Bio Stratigrafi..maka terbentuklah krono stratigrafi. Setelah menceritakan sejarah sedimentasi nanti akan berlari-lari ke facies stratigrafinya. Untuk menentukan facies stratigrafinya harus kenalan dulu sama cewe yang namanya  prinsip sequence stratigrafi. Yang namanya prinsip sequence stratigrafi tuh orangnya putih pantatnya sekel kaya britney spears, hanya bedanya britney pakai silikon nah kalau dia natural. Benar-benar seperti sedimentasi yang terjadi di alam. Nah kalau prinsiop sequence stratigrafi hanya karena perubahan muka air laut dengan sediment suply yang terjadi pada cekungan sedimentasi sekitarnya. Yang membentuk parasequence yang menumpuk menjadi parasequence set lalu Sequence Boundary yang di batasi oleh maximum flooding surface. Dongengnya panjang deh kala bicara stratigrafi dan sedimentasi, tapi begitulah dongeng atau mitosnya mengenai stratigrafi dan sedimentasi ala bagaskara. :D Saya hanyala seorang geologist yang sedang belajar blogging for SEO belum for Money lho..:D


Related Posts by Categories



No comments:

Post a Comment